Perangkat Keras Untuk Akses Internet



MACAM PERANGKAT KERAS UNTUK AKSES INTERNET
 
 A. Modem

Hasil gambar untuk modem       Modem merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang banyak digunakan untuk melakukan koneksi internet. Modem sendiri merupakan kependekan dari modulator dan demodulator. Apabila dijelaskan sesuai dengan namanya, modem memiliki fungsi dua arah, yaitu untuk menerima sinya analog, lalu merubahnya menjadi sinyal digital agar bisa digunakan pada device tertentu, seperti komputer.
Fungsi Utama Modem
Modem memiliki beberapa fungsi utama. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari modem:
  • Menerima sinyal dari ISP atau internet service provider
  • Membuat koneksi device ke dalam jaringan internet
B. Komputer dan Device
Hasil gambar untuk komputer dan device
     Perangkat keras berikutnya yang paling penting, tentu saja adalah komputer dan jga device yang kita gunakan untuk mengakses internet. Setiap device atau compute, seperti laptop, PC, smartphone, tablet dan juga PDA akan terkoneksi dengan jaringan internet, sehingga kita akan bisa mengakses internet dengan menggunakan komputer dan juga device.



C. Server


Hasil gambar untuk komputer server     Server merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan omputer, dan juga internet. Server merupakan komputer khusus yang dibuat sebagai pusat data. Nantinya, seluruh data dan juga informasi yang dimiliki oleh server ini akan ditransmisikan ke client dan juga usernya, dengan menggunakan internet.
     Jadi, tanpa adanya server, kita tidak akan menemukan konten apa – apa, meskipun kita sudah terkoneksi ke dalam jaringan tersebut. Selain itu, server juga menentukan kecepatan akses, karena biasanya, semakin jauh lokasi sever, bisa jadi kecepatan akses yang diperoleh oleh user menjadi tidak optimal.



D. Kabel Jaringan
     Mungkin pada saat ini memang sebagian pengguna komputer atau device untuk mengakses internet sudah banyak menggunakan koneksi internet dengan teknologi nirkabel, namun kita juga jangan melupakan kabel jaringan. karena penggunaan kabel jaringan biasanya banyak digunakan pada home broadband, ada banyak juga jenis-jenis kabel jaringan yang digunakan sesuai dengan permintaan dan kebutuhan dari pelanggan dari ISP.
Hasil gambar untuk ROUTER 


E. Router
     Perangkat keras selanjutnya adalah router, perangkat keras ini juga telah banyak digunakan sebagai perangkat untuk mengakses internet. router berperan untuk melakukan penghalaan dan penyaluran koneksi internet yang melalui protocol.
Router berfungsi untuk pendukung agar jaringan bisa tersalurkan lebih baik dan efisiensi. 
 
 
 
 



F. Port USB
Hasil gambar untuk port usb

Seperti yang kita ketahui sebelumnya jenis modem ada macam-macam jenisnya, dan salah satunya adalah modem yang menggunakan USB  (USB modem). jadi kita jangan hanya mengira port USB hanya digunakan untuk flashdisk atau sambungan kabel data saja.

































Komentar